Tips Dan Cara Mudah Untuk Melakukan Diet Sehat

Diet yang sehat adalah mengelola pola makan, termasuk memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Diet yang sehat adalah ketika semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. Langkah sederhana yang dapat menjadi panduan :

Target Sehat Tiap Minggu
Target-target kecil dan sederhana bernilai penting sebagai langkah menuju perubahan gaya hidup secara berkelanjutan. Semisal, Kalian suka mengonsumsi gorengan tiap hari, targetkan untuk tidak mengonsumsinya dalam waktu seminggu. Sebagai gantinya, konsumsilah selingan sehat seperti buah kering.

Aktivitas
Sebagai langkah awal, Kalian tidak perlu berolahraga secara rutin untuk tetap merasa bugar. Lakukan suatu hal yang Kalian sukai agar aktivitas tersebut dapat dilakukan berulang-ulang seperti bermain futsal bersama rekan kerja atau bersepeda bersama keluarga. Menjadwalkan olah tubuh di pagi hari sebelum mulai beraktivitas merupakan cara terbaik bagi Kalian yang merasa kesulitan untuk meluangkan waktu juga. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 2-3 jam per minggu.

Kurangi Makanan Kemasan
Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan dalam kemasan, makanan siap saji, dan makanan yang digoreng. Kelompok makanan jenis ini banyak mengandung kalori, bahan pengawet, dan garam.

Makanan Rebusan atau Kukus
Lebih baik mengonsumsi makanan yang diproses dengan cara dikukus atau direbus dibandingkan yang digoreng di dalam minyak panas. Makanan yang dikukus atau direbus dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan makanan yang digoreng. Sementara itu, makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi.

Atur ulang isi piring Kalian
Penuhi sepertiga bahan makanan di piring dengan daging tanpa lemak, ikan, atau daging unggas. Cobalah untuk memperbanyak porsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Pilihlah jenis sumber karbohidrat yang sehat seperti beras merah atau kentang. Makan buah yang tidak terlalu manis seperti apel, tomat dan avokad.

Memulai dan melanjutkan kebiasaan-kebiasaan baik
Kebiasaan-kebiasaan sederhana berikut dapat membawa manfaat besar jika dilakukan secara konsisten dan dalam jangka panjang:

  • Mengonsumsi air mineral dengan cukup dan teratur
  • Jangan melewatkan makanan utama
  • Perbanyak konsumsi sayur agar Kalian merasa kenyang lebih lama
  • Hindari membeli atau menyimpan makanan ringan berkalori tinggi di rumah
  • Disiplinkan waktu olahraga Kalian
  • Makanlah dengan tenang sambil duduk di meja makan dan bukan sambil bekerja.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s